Jumat, 31 Agustus 2007

Tamu Istimewa dari Stanford University

Jum'at 24 Agustus yang lalu, ketika STISIPOL Raja Haji sedang melaksanakan MOPSPEK di halaman Kampus dan mempersiapkan keberangkatan peserta ke Dompak, saya mendapat telpon dari seseorang di Amerika Serikat.

Beliau memperkenalkan namanya Don Emmerson dari Stanford University dan mengaku mendapat nomor ponsel saya dari Dr. Ehito Kimura, seorang peneliti muda yang juga pernah bertandang ke kantor saya.

Terus terang saya terkejut dan ada terselip rasa bangga, sebab nama Emmerson rasanya tidak asing bagi saya sejak masih di bangku kuliah dulu 20 tahun silam.

Jam 9.30 pagi Sabtu, saya jemput Dr. Donnald K. Emmerson di Pelabuhan Sri Bintan Pura langsung ke kampus STISIPOL di lembah bekas penambangan boksit Jl Raja Haji Fisabilillah Km 5,5 atas.

Ada juga rasa malu pada diri saya, kampus kami yang kecil dan gersang dikunjungi oleh tamu dari Universitas besar di Amerika. Syukurlah Prof Emmerson membesarkan hati saya dengan memberi semangat dan support untuk menjalinkan link STISIPOL dengan lembaga-lembaga riset di Amerika dan Singapore.

Kemudian kami, banyak berdiskusi tentang Indonesia dan Amerika, tentang demokrasi, dan lain-lain. Rupa-rupanya beliau sedang meneliti untuk memperkuat argumen beliau pada tulisan berjudul "What is Indonesia?" dari buku Indonesia: The Great Transition yang disunting oleh John Bresnan. Intinya, beliau sedang meneliti akar perekat Indonesia.

Tidak ada komentar: